Penyebab Disfungsi Ereksi

Penyebab Disfungsi Ereksi

Apa Itu Ereksi?

Sebelum menelaah lebih jauh tentang penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita kenali dulu maksud dari ereksi itu sendiri serta bagaimana ereksi dapat terjadi.

Ereksi adalah perubahan fisik penis yang terlihat membesar dan terasa mengeras karena masuknya aliran darah ke dalamnya, sebagai kelanjutan dari adanya rangsangan yang diterima baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ereksi merupakan hasil koordinasi beberapa anggota tubuh mulai dari otak, pembuluh darah, saraf serta sejumlah hormon khusus. Saat tubuh menerima rangsangan, otak akan mempersepsikan pemikiran erotis yang memicu hadirnya gairah seksual.

Otak lalu memerintahkan hormon tertentu untuk memacu kerja jantung dan membuka pembuluh darah tubuh termasuk pada pangkal penis. Kondisi ini membuat seseorang yang bergairah merasakan debaran jantung yang lebih cepat dari biasanya.

Selanjutnya jantung akan memompa darah ke pembuluh darah yang telah terbuka tersebut. Aliran darah yang masuk membuat penis membesar dan mengeras (ereksi). Tingkatan ereksi sepenuhnya dikendalikan oleh stimulan atau rangsangan yang diterima oleh otak.

Seluruh rangkaian ini bekerja layaknya sebuah lingkaran yang saling berkaitan, sehingga kegagalan fungsi salah satu bagian tubuh dapat menyebabkan penis tidak dapat ber-ereksi ataupun ereksinya tidak sempurna.

Penyebab Disfungsi Ereksi

Berdasarkan pengertian ereksi di atas, akan lebih mudah bagi kita untuk memahami penyebab disfungsi ereksi. Secara umum penyebabnya terbagi atas tiga bagian utama, yaitu penyebab fisik, medis serta psikis (psikologis).

Penjelasan detil bagi masing-masing penyebab dapat ditemukan pada halaman selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>